Sunday, February 17, 2013

Madu Sebagai Obat Bagi Manusia

Madu Sebagai Obat Bagi Manusia

" Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS.An-Nahl:69)
Bila kita perhatikan dan pelajari apa yang tercantum dalam Alquran surat An-Nahl diatas sudah sangat jelas bahwa madu adaalah salah satu jenis minuman yang dapat dijadikan sebagai obat bagi manusia. Sudah ratusan bahkan ribuan tahun manusia telah memanfaatkan madu ini sebagai sumber pengobatan yang sudah terbukti khasiat dan keampuhannya.Hal ini dapat dibuktikan dari penelitian yang telah dilakukan oleh para pakar ilmu pengetahuan yang telah membuktikan sendiri akan kedahsyatan madu sebagai sumber obat bagi manusia, diantaranya adalah :
1. Ibnu Sina (Aviccena), seorang sarjana yang berumur 100 tahun beliau menyatakan pendapatnya bahwa madu merupakan faktor yang dapat memperpanjang umur dan dapat memelihara vitalitas di hari tua.Selanjutnya ia menyatakan bahwa orang yang berumur 45 tahun keatas harus mengkonsumsi madu dengan teratur bersama dengan konsumsi buah-buahan yang berdaging keras dan banyak mengandung minyak.
2. Aristoteles (Bapak Natural Science) menyatakan bahwa madu dapat mempertinggi kesehatan manusia dan memperpanjang umur.
3. Democritus (Pelopor pengembangan Teori Atom) selalu mencampur madu dalam makanannya sehingga dapat hidup lebih dari 100 tahun.
Kandungan Nutrisi Madu
Sebagi sumber obat, madu mengandung berbagai jenis komponen yang sangat bermanfaat bagi manusia. Komponen tersebut adalah karbohidrat,asam amino, mineral,enzim, vitamin dan air. Dua buah enzim yang sangat dominan kandungannya di dalam madu adalah Enzim Diastase dan Enzim Invertase.Kedua enzim tersebut sangat berperan dalam proses permentasi madu serta menghidrolis karbohidrat, protein, dan glikosida. Glikosida merupakan turunan dari monosakarida, sebagai contohnya glukosa dan fruktosa.Glukosa merupakan sumber energi untuk seluruh jaringan otot. Fruktosa disimpan sebagai cadangan dalam hati untuk digunakan bila tubuh kita membutuhkan.
Madu dapat dihasilkan secara sfesifik berdasarkan sumber nektar bunga tempat lebah madu digembalakan. Berdasarkan hasil penelitian para ahli dan pengalaman masyarakat pengguna madu setiap jenis madu dari sumber nektar yang berbeda memiliki khasiat yang agak berbeda pula.Dintara kahasiat dan manfaat dari madu yaitu :
1. Bunga kapuk randu sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan, menyembuhkan luka akibat diabetes, luka bakar(dioles pada bagian yangh terbakar),meningkatkan daya tahan tubuh dan menungkatkan memori otak terutama bagi anak-anak daalam usia pertumbuhan.
2. Madu Bunga karet sudah sangat bertkhasiat bagi yang mempunyai keluhan alergi(baik alergi makanan,obat,maupun alergi akibat perubahan cuaca)
3. Madu Bunga klengkeng dan rambutan sangat baik di konsumsi bagi penderita yang mengalami keluhan pada ginjal, memperlancar urine dan sakit pinggang.
4. Madu bunga Kaliandra dan bunga mahoni sangat baik bagi penderita hipertensi ataupun diabetes.
5. Madu Super ( madu yang telah dicampur dengan Royal jelly dan Bee Pollen) sangat baik dikonsumsi bagi para manula dalam rangka mempertahankan stamina dan tetap awet muda, dan masih banyak lagi manfaat madu yang berguna bagi manusia.