Saturday, February 23, 2013

Cara Untuk Membedakan Madu Asli, Palsu dan Campuran

Sudah pasti kita tahu bahwa madu mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan sehingga banyak orang yang rela menghabiskan banyak uangnya untuk bisa mendapatkan madu. Tetapi disisi lain ternyata hal ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk mendapatkan keuntungan berlipat dengan menjual madu palsu.

Madu palsu terkadang mengandung campuran glukosa dengan gula pasir, buah, flavour serta zat warna. Dimana keberadaan zat-zat tersebut hanya dapat dibuktikan keberadaannya melalui uji laboratorium.

Bagi orang yang terlanjur membeli madu palsu tersebut tentunya akan merasa kecewa sehingga tidak dapat mendapatkan manfaat madu tersebut. Berikut ini saya akan memberikan tips dan cara jitu membedakan madu asli dan madu palsu. Tips dan cara mudah membedakan madu palsu dan asli ini telah saya lakukan uji coba pada madu asli dan madu palsu.

Berikut ini cara membedakan madu asli dan madu palsu :

1. Simpan beberapa sendok madu di dalam freezer kulkas. Simpanlah sekitar `10-30 menit kemudian amati perubahannya. Apabila madu tadi membeku berarti madu tersebut palsu dan telah bercampur dengan zat-zat tertentu. Madu asli seyogyanya tidak akan dapat membeku ketika disimpan di dalam lemari es. Sehingga ketika kita menyimpan madu asli di dalam lemari es maka kita dapat meminumnya kapan saja.

2. Cara kedua adalah dengan menyimpan beberapa tetes madu di dalam piring berisi air putih. Kemudian tunggu beberapa saat. Kalau air tersebut menjadi keruh maka kemungkinan madu tersebut palsu. Sebaliknya jika madu tersebut asli maka tidak akan menyebabkan ari tadi menjadi keruh. Hal ini disebabkan karena madu asli tidak mengandung banyak air. Itulah 2 cara jitu membedakan madu asli dan madu palsu, semoga kita para penggemar madu tidak lagi tertipu dengan membeli madu palsu yang banyak sekali beredaran di pasaran.

itulah bunda, berdasarkan informasi yang saya ketahui, semoga bisa membantu bunda dalam memilih madu yang asli

Sumber: http://www.ibudanbalita.com/diskusi/pertanyaan/78920/Cara-Membedakan-Madu-Asli-dan-Campuran