Monday, February 25, 2013

Madu Hutan Lampung di Negeri Belanda

Madu Hutan Lampung Barat Terkenal di Belanda



REPUBLIKA.CO.ID, LIWA--Turis Belanda menggemari madu hutan Lampung Barat, bahkan ketenaran madu hutan daerah ini hingga negara tersebut, kata seorang pedagang Sukendar (38) di Lampung Barat, Kamis. "Madu hutan dari Lampung Barat digemari turis dari mancanegara terutama yang berasal dari Belanda, bahkan mereka saat mereka melakukan kunjungan berlibur di Lampung Barat selalu menyempatkan membeli madu hutan tersebut," katanya.


Pedagang madu hutan Kecamatan Sumberjaya, Lampung Barat, sekitar 256 km dari Bandarlampung, di Sumberjaya itu mengaku setiap bulan menyiapkan pesanan madu hutan dari sejumlah turis melalui agen wisata daerah ini. Dia mengatakan, harga madu hutan tidak dibedakan baik masyarakat dalam daerah maupun turis asing. Semua sama, yang membedakan harganya hanya kualitas madu itu sendiri.

Setiap bulan permintaan madu hutan pedagang mengalami peningkatan seiring tersebarnya informasi mengenai khasiat madu yang dicari warga masyarakat, jelasnya. "Kekurangannya hanya kemasan masih sederhana. Kami berharap, ke depan pemerintah dapat membantu untuk mengalokasikan bantuan modal, agar pengelola madu hutan dapat dilakukan dengan kemasan modern dan menarik perhatian konsumen," katanya.

Madu hutan yang dihasilkan masyarakat Lampung Barat dipercaya memiliki kualitas tinggi, sehingga mutu dan kualitas yang baik itu membuat sebagian besar turis asing menyukainya, terutama turis yang berasal dari Belanda.

Sebagian besar wilayah di Lampung Barat adalah hutan, sehingga ketersediaan madu diprediksi banyak, sehingga tidak kesulitan bagi pemburu madu untuk mencarinya. Pasokan madu akan berkurang bila kondisi cuaca tidak membaik. Pasalnya sebagian besar pencari madu kesulitan memanjat pohon dengan ketinggian lebih dari 40 meter.

Ketenaran madu daerah ini membuat sejumlah turis asing kerap membawa madu hutan Lampung Barat untuk dibawa ke negaranya sebagai buah tangan atau oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang berkunjung di daerah tersebut.

Selain nikmat, madu hutan Lampung Barat juga dinilai berkhasiat, sehingga pelanggan dari dalam dan luar daerah memanfaatkan madu hutan sebagai obat, atau sebagai campuran obat herbal lain.

Harga madu hutan Lampung Barat bervariasi. Untuk ukuran sedang Rp 65 ribu/botol, ukuran besar Rp 90 ribu/botol, dan ukuran jumbo Rp 120 ribu/botol.

Pedagang mampu menjual madu hutan hingga 50 botol setiap minggu. Penjual madu mengalami peningkatan omzet penjualan bila pesanan madu meningkat, tambahnya.

Seorang turis asal Belanda, Steve Bernito (34) mengatakan, madu hutan Lampung Barat enak. "Setiap saya berkunjung di Lampung Barat selalu membawa madu hutan sebagai buah tangan untuk keluarga. Selain itu madu hutan ini dapat memberi banyak khasiat bagi kesehatan," kata dia.

Dia mengatakan, harga madu hutan Lampung Barat terjangkau, dan yang terpenting berkualitas baik. "Madu hutan ini menjadi buah tangan wajib bagi saya saat berlibur di Lampung Barat. Bahkan dari informasi yang saya sampaikan, akhirnya teman-teman saya banyak yang membawa madu ke negaranya," katanya.


Redaktur : Siwi Tri Puji B
Sumber : Ant

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nusantara/10/09/30/137309-madu-hutan-lampung-barat-terkenal-di-belanda