Tuesday, January 29, 2013

Berikut Beberapa cara menentukan keaslian madu :

Berikut Beberapa cara menentukan keaslian madu :

  • cara 1: Campurkan 4 tetes jodium tincture dengn 25 tetes madu dalam botol kecil yang bening. Lalu kocok hingga rata. Bila warnanya menghitam kebiru-biruan bisa dipastikan madu tersebut terbuat dari gula. Sebab gula mengandung amilum yang apabila di campur dengan jodium maka kan berubah warna menjadi biru(kehitaman). Pada madu asli maka warnanya akan berubah menjadi gelap kemerah-merahan
  • cara 2: setelah beberapa hari di dalam botol perhatikan pada permukaan madu, apabila terdapat endapan kristal berwarna cream/kecoklatan maka itu adalah madu asli, karena endapan kecoklatan itulah yang dinamakan bee polen atau tepung sari bunga asal terjadinya madu. Pada madu palsu tidak akan terjadi endapan kristal, kita akan melihat buih yang berwarna putih susu, adakalanya setelah lama didiamkan kita akan melihat gumpalan-gumpalan seperti lumut dan endapan kotor di dasarnya.
  • cara 3: Masukkan 3 sendok makan madu ke dalam segelas air. Kocoklah hingga rata lalu biarkan sekitar 1/2 jam. Bila terdapat butiran halus berwarna kuning atau coklat muda di dasar gelas, berarti madu tersebut asli. Bila tidak ada kotoran atau berwarna kehitaman maka jelaslah madu tersebut palsu atau sudah tercemar.
  • Cara 4: Panaskan 1/2 sendok makan madu di atas api lilin, pada madu asli, saat mendidih buihnya besar-besar dan tumpah. Sedangkan pada yang palsu buihnya kecil-kecil dan tidak mau tumpah.
  • cara 5: cara nomor 4 diteruskan. Panaskan hingga warnanya berubah coklat, kemiduan dinginkan. ketika hampir dingin tarik madu dengan memakai lidi ke arah bawah hingga terbentuk serat benang. Bila benangnya keras dan kaku berarti madunya palsu. Sedangkan pada madu yang asli seratnya akan terasa lembut dan lentur.
  • cara 6: Madu yang dipanen di hutan pasti mengandung tepung sari bunga (bee polen), biasanya tepung serbuk sari ini akan mengendap di permukaan madu apabila didiamkan dalam beberapa lama akan berwarna cream atau coklat, dan ini akan terlihat dengan jelas di bawah mikroskop berbentuk segitiga dan berwarna kuning. bila tidak ditemui sari bunga maka jelas madu tersebut palsu.
  • Cara 7: Masukkan madu ke dalam sebuah gelas hingga mencapai 1/4 gelas. setelah itu masukkan air panas mendidih secara berlahan ke dalam gelas tadi hingga penuh. rasakan pada dasar gelas, madu yang asli akan menahan panas yang berasal dari air mendidih tersebut hingga tidak mencapai dasar gelas.
  • Cara 8 : MADU DAN SEMUT.....adaperkataan sebagian orang bahwa semut tidak suka pada madu, dan jika ada madu yang dikerubungi semut berarti madu tersebut palsu. Pendapat seperti ini adalah SALAH, sebab tidak semua jenis semut yang tidak menyukai madu, misalnya semut hitam kaki panjang yang suka dengan beberapa jenis madu. berbeda dengan semut gula, yakni semut yang besarnya cuma separuh dari semut hitam kaki panjang dan berwarna agak kekuningan, semut ini menyukai hampir semua jenis madu.
  • Cara 9 :MADU ASLI TIDAK BEKU DALAM KULKAS...Ini adalah propaganda penjual madu palsu, sebab 17-25% kandungan yang ada dalam madu adalah air. Biasanya pada madu asli apabila dimasukkan ke dalam freezer maka madu tersebut akan lebih kental (tidak beku) dari pada biasa, kadangkala pada dasar botol akan terlihat butiran kristal yang menunjukkan terjadinya pembekuan air yang terdapat pada madu tergantung volume air yang ada pada madu. adapun yang tidak ada pembekuan sama sekali bisa dicurigai telah memakai zat anti beku dari bahan kimia.
  • Cara 10 :TELOR MASAK DALAM MADU, Ini adalah mitos lain yang dikembangkan di tengah masyarakat. yang benar adalah pada kuning telor terjadi pengerasan akibat air yang ada di dalam kuning telor diserap oleh madu, sehingga pada kuning telor terjadi pengerasan karena tidak adanya zat cair di dalam kuning telor tersebut

    Sumber: http://agengrosir.com/informasi-herbal/berikut-beberapa-cara-menentukan-keaslian-madu.html