Tuesday, January 29, 2013

Madu

Madu merupakan cairan yang keluar dari perut lebah yang mengandung sari pati makanan, dimana saripati makanan tersebut berasal dari bunga.Dalam Al Quran telah disebutkan tentang perihal lebah dan madu, diantaranya :Allah SWT telah berfirman :“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada Lebah : Buatlah sarang-sarang di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia” (QS An-Nahl [16] : 68).“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).
Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan” (QS An-Nahl [16] : 69).Dengan demikian, salah satu manfaat yang dirasakan dari madu adalah sebagai obat, baik sebagai obat untuk penyembuhan maupun sebagai suplemen penjaga stamina tubuh.

Dilihat dari asal usulnya, madu dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu madu hutan liar dan madu ternak.
Madu Hutan Liar adalah merupakan cairan madu yang di peroleh pemburu madu di hutan belantara secara langsung pada gerombolan Lebah liar. Madu hutan liar merupakan madu bersifat Alamiah, dalam arti terbebas dari pengaruh pupuk, pestisida dan polusi. Madu ini sangat aman untuk di konsumsi sebagai supelemen dengan kandungan Multi mineral, multi vitamin berfaedah menjaga kesehatan dan teraphi paling mendasar berbagai macam jenis penyakit. Madu hutan ini sangat banyak jenis aromanya, beraneka ragam warnanya, beraneka macam rasanya. Madu langka Suhada- Badariah termasuk kedalam jenis madu ini yaitu madu yang berasal dari hutan liar, dimana madu-madu ini sangat langka keberadaannya. Baik dari segi rasa, aroma, maupun bentuknya. Sebagai contoh Madu Pahit Pelawan yang memiliki rasa pahit dan aroma kuat pohon Pelawan, atau Madu Rempodong yang berasal dari Bunga Rempodong.
Madu Ternakan adalah merupakan cairan madu yang di peroleh melalui sistem cara beternak Lebah diareal pertanian atau taman yang musim sedang berbunga dengan metoda angon.Namun demikian, walaupun kedua jenis madu tersebut berasal dari lebah namun bagi seorang pecinta madu hal tersebut dapat berbeda dari segi rasa, aroma, bentuk, dan warnanya. Namun untuk sekedar informasi, salah satu perbedaan yang nyata antara madu hutan liar dengan madu ternakan adalah dari segi rasa, bentuk, warna, dan aroma.Dari segi rasa, madu hutan mempunyai beragam rasa seperti manis, asam, dan pahit.Dari segi bentuk dan warna, madu hutan mempunyai warna yang beragam seperti coklat, kuning, dan hitam. Salah satu karakteristik dari madu hutan adalah mengeluarkan gas (jika anda datang ke stand pameran kami, harap dimaklumi jika terdengar suara letupan kecil dari botol madu produk kami).Dari segi aroma, madu hutan mempunyai aroma yang lebih menyengat/ kuat daripada madu ternak, dimana aroma yang menyengat ini menandakan asal bunga yang dihisap oleh Lebah.
Apakah anda menyakini bahwa semua madu berasa manis???? Mungkin sebagian besar dari anda yakin dengan hal tersebut. Namun pada madu-madu yang berasal dari produk kami, terdapat salah satu madu jenis langka yang rasanya pahit. Dimana madu jenis ini sangat mujarab untuk menjaga stamina, mengurangi nafsu makan (cocok untuk diet), penderita stroke, menormalkan gula darah (diabetes), asam urat, jantung, dan ginjal.

Sumber: http://www.maduhutanliar.com/about/