Wednesday, October 19, 2016

Alhamdulillah Masih Bisa Panen Madu Kaliandra Lagi Tahun ini....

Alhamdulillah Masih Bisa Panen Madu Kaliandra Lagi Tahun ini....



Selasa dan Rabu, 18 - 19 Oktober 2016, Alhamdulilah kami panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Ilahi Robby mitra peternak kami masih bisa panen madu nectar bunga kaliandra lagi di Igir igir Lereng Gunung Wilis Kediri walau hasil tidak maksimal dan agak encer karena cuaca dan musim panen tahun ini jelek karena lanina (musim hujan bekepanjangan).


Tahun 2016 ini bagi peternak lebah madu merupakan tahun yang kurang menyenangan hal ini disebabkan oleh faktor cuaca karena musim hujan tahun ini lebih panjang dari biasanya. Sejak awal masuk musim bunga randu di bulan Juli s/d Agustus kemarin sudah terasa dampaknya, setiap panen hasil jauh dari apa yang diharapkan hasilnya bahkan beberapa bunga tidak bisa dipanen madunya seperti madu kopi, mangga, salam, wadang, karet dan rambutan, andaikan panen pun hasilnya jauh dari harapan. Namun kami tetap bersyukur sedikit-sedikit masih bisa panen.

Sedikitnya panen tahun ini selain karena faktor cuaca juga diakibatkan oleh semakin berkurangnya lahan tempat penggembalaan lebah apis melifera karena maraknya penebangan hutan dan pepohonan tempat para peternak lebah madu apis melifera.