Friday, April 12, 2013

MENGENAL MADU ASLI

MENGENAL MADU ASLI

Tidak mudah memang untuk mengetahui keaslian madu, hanya dengan tes laboratorium yang paling valid untuk mengetahui keaslian madu (produk2 kami banyak yang sudah lulus uji lab).

Selain uji lab tes untuk mengetahui keaslian madu adalah dengan menanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman dan memiliki kemampuan untuk mengetahui karakteristik madu karena orang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang sifat/karakter madu dapat mengetahui keaslian madu hanya dengan melalui rasa dan aromanya saja.

Selain uji lab yang memang sangat mahal dan rumit juga bisa dengan uji manual, ingat jagan mudah terjebak isu-isu dan mitos menyesatkan seputar madu karena madu memiliki jenis, karakter dan sifat yang berbeda-beda setiap jenisnya.

Uji manual yang bisa kita lakukan meski tidak 100% adalah sebagai berikut:
1. dengan difreezer, madu asli tidak akan beku difrezer kecuali beberapa jenis madu.
ada pengalaman salah satu ayah dari rekan saya membeli madu di sebuah penjual susu telor di suatu kota (tdk bisa saya sebutkan) madu jahe dengan harga Rp 100rb/botol setelah difrezer madu tersebut menggumpal dan tidak bisa dituangkan lagi bahkan setelah dipanaskan di sinar matahari tetap beku. Saya pernah ditunjukkan madu tersebut waktu saya mengikrimkan madu yang beliau pesan dari saya dan saya pun mencicipinya, dari rasanya sangat terasa gula kelapa begitu pula bentuk dan tampilannya. Saya pernah memposting contoh madu palsu yang saya dapat dari salah satu web madu hutan sumbawa.
2. Dengan menuangkan ke gelas yang berisi air hantan pelan2 jika madu tersebut menyebar tidak langsung jatuh ke bawah maka bisa jadi itu merupakan indikasi madu palsu meskipun madu asli yang memilki kadar air tinggi juga bisa menyebar.
3. Cara selanjutnya dengan meneruskan teknik nomor 3 yaitu setelah dituangkan dalam gelas dibiarkan selama 3-4 jam bahkan bisa lebih lama lagi jika madu asli atau yang berkualitas maka tidak akan membuat air keruh jika ada sedikit keruh itu wajar mungkin karena ada kanadungan beepolleb pada madu
4. Dengan cara memanaskan di atas lilin pada sebuah sendok, jika mengeluarkan gelembung hingga meluber maka itu bisa dikatagorikan madu asli semakin banyak luberan dan semakin sulit gelembung tersebut pecah maka semakin baik kualitas madu tersebut, meski cara ini tdk sepenuhnya benar karena madu yang memiliki kadar air tinggi tidak akan banyak yang meluber.
5. dengan cara menuangkan satu sendok makan madu ke dalam piring putih bersih kemudian dituangkan air sedikit lalu digoyang/diputar agak cepat searah jarum jam, madu yang berkualitas baik akan membentuk sarang lebah/segi lima dan semakin jelas serta semakin lama bertrahan bentuk segi lima tadi maka semakin baik kualitas madu tersebut.

(by istana madu an-ni'mah lodoyo-blitar)