Friday, April 12, 2013

Hati2 banyak mitos menyesatkan seputar madu

Hati2 banyak mitos menyesatkan seputar madu

1. madu mengkristal palsu, Itu bisa benar bisa tidak, madu ada yang mengkristal ada juga yang tidak, madu yang mengkristal itu madu yang memiliki kandungan glukosa lebih tinggi dari fruktosa, madu ternak kebanyakan mengkristal

2. madu bisa terbakar jika dioleskan pada pentol korek api.
ini jg menyesatkan karena madu palsu juga bisa, madu yang memiliki kandungan air tinggi terutama madu hutan tidak akan menyala/terbakar karena kadungan air tinggi

3. madu bisa mengkristalkan/menggumpalkan kuning telur.
ini jg mitos sesat, karena madu yang palsu juga bisa karena ditambah cuka, madu asli yang mampu mengkristalkan/menggumpalkan kuning telur adalah madu yang memiliki keasaman tinggi

4. madu tidak beku difrezer
madu asli memang tidak bisa beku difrezer dan ini sudah saya butikan dengan berbagai sampel madu baik madu hutan, madu ternak juga madu lebah lokal (apis cerana) yang saya panen sendiri. Akan tetapi madu asli pun ada yang beku di frezer yaitu madu yang memiliki kandungan air yang tinggi atau madu yang memiliki kandungan glukosa yang tinggi.

5. Madu asli tidak bisa menggumpal seperti premen / gulali jika dipanaskan lalu didinginkan. Ini tidak benar juga karena saya sdh menguji banyak sampel termasuk madu yang saya panen dan peras sendiri dari jenis madu lebah lokal. Madu jika dipanaskan terlalu lama setelah dingin akan tetap mengkristal seperti gulali dan membentuk serat benang halus yang mudah patah, hal ini terjadi karena madu memiliki kadungan glukosa dan terutama madu yang memiliki kandungan glukoasa lebih tinggi.

6. Madu asli tidak dikerumuni semut.
Ini juga mitos yang menyesatkan karena saya juga sdh menguji dengan berbagai jenis sampel, bahwa madu yang ada dalam jumlah besar memang tidak dikerumuni semut akan tetapi madu yang tinggal sedikit atau diteteskan ke seitar kerumunan semut tetap akan dirubung oleh semut bahkan saya sudah berkali-kali memposting video sebuah sarang lebah yang diserang semut. Justru kita mesti hati2 jika ada madu tidak dikerumuni semut karena bisa jadi itu palsu karena telah ditambahkan zat2 berbahaya ke dalam madu. Madu asli memang ada yang tidak dikerumuni semut yaitu madu pahit.

7. madu asli mengeluarkan gas, ini tidak selalu karena madu yang mengeluarkan gas itu madu curah yang memiliki kadar air tinggi atau juga bisa madu yang masih muda dan biasa terjadi pada madu hutan karena sulitnya memprediksi waktu panen madu. Madu hutan yang memiliki kadar air rendah itu memiliki kualitas yang lebih baik daripaada madu hutan yang memiliki kadar air tinggi atau mengeluarkan gas aktif madu. Madu palsu sebenarnya juga bisa mengeluarkan gas dalam hal ini madu palsu yang di campur dengan madu asli dengan perbandingan tertentu.

Jadi diharapkan masyarakat semakin cerdas dalam memilih madu dengan mengenal karakteristik masing-masing madu. Atau paling tidak tanyakan kepada ahli yang telah berpengalaman dan memiliki pengetahuan tentang karakteristik madu, karena setiap madu memiliki karakter yang berbeda-beda.

Juga jangan terjebak pada kampanye-kampanye menyesatkan para produsen madu yang merasa madunya paling baik dan hal ini sering terjadi persaingan dagang antara madu hutan dan madu ternak.

(by istana madu an-ni'mah lodoyo - blitar)