Monday, March 18, 2013

Tanya Jawab Madu Hutan Produk Kami

Tanya Jawab Seputar Madu Hutan Produk Kami

Dari mana asal madu hutan produk kami?

Madu hutan kami dipanen langsung di hutan Taman Nasional Semueru Tengger, Taman Nasional Meru Beiri dan kami juga menyediakan madu hutan pedalaman Kabupaten Tanggamus Lampung dan dan Tessonilo Riau dari jenis lebah Apis Dorsata dan dikemas higieni.

Kami juga akan menyediakan madu hutan Sumbawa nantinya.

Apakah madu hutan produk kami itu murni dan aman dikonsumsi ?

Terjamin 100% MURNI & AMAN dikonsumsi

Bagaimana cara membuktikan keaslian madu hutan itu?

Madu hutan jika dimasukkan freezer ±3hari tidak akan membeku. Jika madu ternak akan membeku membentuk gumpalan seperti adonan tepung. Jika ditemui madu yang ditaruh dalam freezer membeku seperti es bisa dipastikan itu bukanlah madu asli melainkan madu palsu.

Ada opini di masyarakat kalau madu murni atau asli itu tidak akan dikerubung atau dihinggapi oleh semut. Apakah hal ini betul?

Pendapat tersebut sama sekali tidaklah benar. Semut itu musuhnya lebah dan semut sangat menyukai madu. Baik madu hutan, madu ternak, ataupun madu palsu sekalipun pasti dihinggapi semut. Kecuali, madu yang sudah mengalami proses fermentasi sehingga kandungan gas meningkat (alkohol) semut tidak akan hinggap. Contohnya saja, tape ragi yang kadar gas (alkohol) tinggi sekalipun rasanya manis sekali semut tidak akan suka. Peternak madu saja melindungi madunya dengan cara kaki-kaki  kotak penangkarannya diberi oli supaya semut tidak masuk.

Madu hutan rasanya agak asam, apakah madu hutan itu cocok untuk bayi ?

Madu hutan untuk segala usia. Sensasi rasa asam madu hutan tidak membahayakan lambung, karena itu menandakan dektrosa yang rendah pada madu tersebut. Untuk mengkonsumsinya cukup diminum dengan dilarutkan air secukupnya.

Mengapa madu hutan itu lebih encer dari madu ternak ?

Madu hutan  itu memiliki kadar air lebih tinggi dibandingkan dengan madu ternak. Hal ini dikarenakan oleh adanya pengaruh cuaca alam seperti hujan dan lembab, sedangkan madu ternak tempat penangkarannya terlindung dari hujan. Adapun madu hutan yang ditemukan kental dikarenakan mengalami proses pengurangan kadar air. Madu hutan sendiri lebih encer dikarenakan tidak dikurangi kadar airnya, dari pemanjat langsung kemudian disaring dan dikemas higienis sehingga lebih alami dan khasiatnya lebih baik daripada madu ternak.